Jangan Kalah Oleh Mood Swing

Kamu sadar tidak, kalau salah satu penyebab yang bikin jalan di tempat itu adalah tenggelam dalam mood swing. Suasana hati yang sering turun naik  memang cukup menganggu kalau dibiarkan begitu saja. Apalagi kalau kamu sampai terbawa hingga berlarut-larut dalam kesedihan. Mood swing tidak terkendali adalah racun untuk tetap bersemangat hidup.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan suasana hati. Yang paling berpengaruh pastinya kejadian atau peristiwa yang menimbulkan rasa sedih atau kecewa yang mendalam. Kedua perubahan suasana hati itu bisa menjurus ke rasa marah, dan ini cukup berbahaya. Karena apabila tidak ada kontrol bisa menimbulkan indikasi self harming.

Self harming tidak seluruhnya soal cari perhatian. Karena pada dasarnya diawali dari gejolak perasaan yang terpendam hingga timbul rasa marah, dan menyalahkan diri sendiri. Kecewa, dan merasa tidak berguna menyebabkan keinginan self harming begitu tinggi. Adanya pemikiran untuk apa hidup di dunia biasanya adalah penyebab utama keinginan menyakiti diri sendiri.

Berbagai masalah hidup, seperti masalah di keluarga, ekonomi juga pertemanan harus diwaspadai. Kamu harus waspada kalau ada orang-orang terdekat yang mengalami salah satu masalah tersebut. Bisa dimulai dengan memahami perubahan perilaku orang yang bersangkutan.

 

Murung

Biasanya perilaku mereka berubah jadi pemurung dan lebih banyak diam.

Menutup Diri

Mereka bakal cenderung menutup diri dan jadi lebih penyendiri. Harus waspada kalau mulai berlama-lama di kamar atau ruangan tertutup dengan kondisi dikunci.

Nafsu Makan Berubah

Pola makan bisa berubah jadi tidak mau makan atau malah makan berlebih.

Anti Sosial

Biasanya mereka jadi tidak mau bertemu dan bergaul dengan orang-orang, baik keluarga maupun teman.

Emosi Berlebih

Mereka cenderung cepat marah, menyalahkan orang lain juga curiga berlebihan. Kemudian cepat menangis dan tidak mau bangun dari tempat tidur.

 

Jadi bagaimana kalau ada orang terdekat seperti itu? yang bisa kamu lakukan adalah memantaunya. Karena mereka cenderung akan menolak apabila diajak bicara. Setidaknya, kamu bisa menemani diam-diam dan berusaha tidak terlihat ikut campur dengan urusannya. Jangan biarkan mereka sendirian di dalam ruangan atau keluar rumah tanpa ada yang memantau.

Mood swing memang mengacaukan, termasuk saya pernah mengalami hal tersebut. Beruntungnya, saya termasuk yang bisa mengendalikan perubahan emosi tersebut walaupun memakan waktu yang cukup lama. Memang keberadaan orang lain untuk mendukung kita sangat dibutuhkan ketika sedang dalam proses mood swing. Ada hal-hal tertentu yang bisa dilakukan ketika sedang dalam keadaan perubahan emosi yang tidak stabil.

 

Menangis

Menangis bukan hal tabu dan memang sebaiknya dinikmati saja ketika ingin mengeluarkan emosi berlebih. Dengan menangis berarti kamu telah membantu dengan mengeluarkan zat beracun yang mengandung stres dari dalam tubuh.

Cari Teman Ngobrol

Memiliki teman yang setia mendengarkan akan sangat membantu sekali. Sebagai catatan, akan lebih baik mendapatkan teman yang mau mendengar daripada menasehati.

Olahraga Pagi

Ketika mood swing merajai, biasanya kamu akan malas bangun tidur dan beraktivitas. Disinilah manfaat memiliki teman ngobrol karena dia akan membantu mengontrol keadaan kamu. Olahraga di pagi hari sangat membantu untuk menumbuhkan semangat dan menghilangkan kantuk berlebih.

Jalan-jalan

Jalan-jalan bukan berarti menghamburkan uang. Karena definisi jalan-jalan itu luas, dengan bersilahturahmi saja bisa dikatakan kamu sudah melakukan kegiatan tersebut. Perubahan lingkungan dan udara sangat membantu menstabilkan emosi yang turun naik.

Lakukan Hobi

Kamu yang punya hobi bisa mulai mengerjakannya sedikit demi sedikit. Berkegiatan dengan hal yang disenangi itu dapat membantu menstabilkan emosi. Akan lebih menyenangkan lagi apabila jadi menghasilkan.

 

Memiliki perasaan tidak berguna akan jadi racun untuk kemauan hidup. Karenanya jangan biarkan mood swing menguasai kamu, apalagi sampai menuju ke arah self harming. Menikmati perubahan emosi itu wajar, sewajar kamu menangis sepuasnya. Tetapi, setelah beberapa waktu kamu harus memiliki kesadaran untuk tetap bertahan. Ada hari-hari yang harus dilalui, dan cita-cita yang harus dicapai.

Kamu harus waspada ketika mood swing malah menjadi-jadi dan ada indikasi gangguan psikologi. Apabila hal itu terjadi, jangan segan untuk meminta bantuan ahlinya. Kamu bisa konsultasi untuk mendapatkan kepastian level mood swing yang kamu derita. Apakah perlu mendapatkan pertolongan psikiater atau cukup berkonsultasi ke psikolog saja.

Racun utama dalam diri adalah ketika putus asa dan rasa tidak berguna telah menguasai. Keinginan untuk maju dan bergerak bisa hilang karenanya. Yang bisa menghilangkan itu semua adalah kesadaran diri bahwa ada yang lebih kuasa dalam mengatur sebuah rencana. Tekad kamu untuk bangkit dan bisa lebih baik dari hari ini adalah penawar dari racun tersebut.

 

6 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like