Berkarya Dari Rumah

Satu hal yang paling tidak diinginkan adalah kehilangan sumber penghasilan. Terutama bagi mereka yang posisinya seperti saya sebagai single parent. Tidak memiliki lagi penghasilan bulanan membuat saya cukup kelimpungan. Apalagi selama ini bisnis sampingan yang pernah dijalani dihentikan sama sekali.

Bukan berarti saya tidak ingin memiliki penghasilan sampingan selain dari gaji. Tetapi, segala sesuatu itu butuh fokus bukan? Karena itu saya berusaha fokus pada kerjaan dan tentunya sambil berusaha membagi waktu dengan kegiatan menulis.

Ternyata fokus pada satu hal juga tidak selamanya benar. Yang benar adalah memiliki kegiatan menghasilkan lainnya tanpa perlu mengganggu kegiatan utama. Sesuatu hal yang sebenarnya telah dilakukan oleh kaum emak yang kegiatannya full di ranah domestik. Mereka merawat keluarga plus memiliki kegiatan sampingan yang menghasilkan.

Bagi saya hal itu adalah sebuah keputusan yang mengagumkan. Karena para emak ini tidak meninggalkan kodrat sebagai seorang ibu dan juga istri, tetapi tetap bisa mengembangkan potensi dirinya. Ibarat pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Kemudian dalam perjalanan berusaha untuk tetap semangat, saya bertemu emak-emak hebat yang menginspirasi.

Seperti juga yang diinginkan teman dekat saya selama ini agar mengembangkan potensi diri dari rumah saja. Pertanyaannya adalah apa saya bisa? Apa saja yang bisa dilakukan dari rumah? Karena jujur selama ini jualan online saja tidak saya tekuni dengan alasan tidak bakat dagang. Ternyata pernyataan itu salah sama sekali. Segala sesuatu itu sebenarnya bisa dijalani asal ada tekad didalamnya.

 

Apa saja yang harus dilakukan ketika ingin memulai usaha?

  • Pertama harus ditanamkan kata aku bisa terlebih dahulu.
  • Kemudian tanamkan tekad yang kuat. Hal ini sangat dibutuhkan karena tidak mudah memulai segala sesuatu dari awal.
  • Perluas pertemanan adalah hal penting lainnya. Semakin banyak relasi, semakin banyak celah usaha yang bisa didapat. Hal ini juga akan memudahkan dalam marketing nantinya.
  • Lalu kenali peluang usaha yang ada. sebaiknya memilih usaha yang banyak dibutuhkan orang, seperti makanan atau camilan. Kebutuhan pokok seperti beras, telur, dan sembako juga menjanjikan.

 

Setelah semua poin itu telah dipahami barulah kita memulai segalanya tanpa perlu ada alasan untuk menunda. Lakukan segera apa yang telah direncanakan, karena percuma saja apabila hanya menjadi sebuah wacana.

Setelah saya really stay at home, ternyata banyak sekali yang bisa dilakukan dari rumah. Hanya tinggal melecut kemauan saja, karena seperti yang dikatakan pepatah, selama ada kemauan pasti ada jalan. Tidak ada yang tidak mungkin selama kitanya mau bergerak untuk berubah.

Internet dan pertemanan yang luas sangat penting di sini. Teman pun tidak perlu jauh-jauh dicari, dari teman arisan saja bisa menjadi sasaran penjualan kita nantinya. Aktif di PKK juga bisa mulai dipertimbangkan. Sudah jadi rahasia umum kalau konsumen terbesar para pedagang adalah wanita dan anak-anak.

Sayangnya, di masa pandemi ini anak-anak libur sekolah. Tetapi, sekali lagi seperti yang saya katakan sebelumnya, selalu ada jalan selama ada kemauan. So, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengenali potensi diri. Bisa dimulai dengan hobi atau passion yang selama ini ditekuni. Contohnya, saya mengambil dari beberapa hobi yang selama ini menghasilkan.

 

  • Menulis adalah salah satu hobi saya yang lambat laun jadi menghasilkan. seiring waktu ada job-job yang masuk. Jangan melihat dari besaran rupiahnya, tapi dilihat dari kesempatan yang telah diberikan. Dari hobi menulis saya bisa membuat artikel berbayar.
  • Review produk salah satu hal yang saya sukai. Selain review film dan buku, review produk adalah kesukaan saya. Dari passion ini lama kelamaan bisa bergabung dengan grup-grup tertentu dan mendapatkan tawaran dari klien. Memang kebanyakan masih berupa mendapat produk gratis. Tetapi, siapa coba yang tidak mupeng kalau mendapatkan produk kosmetik ternama? Jadilah saya tergabung dengan teman-teman influencer.
  • Hobi membuka internet juga saya gunakan untuk memperluas jaringan usaha. Dari internet kita bisa belajar banyak hal, sampai akhirnya saya berjualan online coklat patahan. Internet bisa dimaksimalkan untuk mengiklankan produk di marketplace. Karena pada dasarnya suka coklat, jadi menjual sesuatu yang kita suka juga berbeda rasanya.
  • Memiliki toko online adalah salah satu yang telah saya lakukan dari dulu, tetapi tidak pernah dijalani serius. Memiliki toko online bisa dilakukan untuk memfasilitasi produk terjual lebih luas lagi. Toko online saya buat awalnya didasari dari kesukaan membuka-buka beberapa marketplace.
  • Hobi saya yang lainnya adalah mengikuti pelatihan-pelatihan pengembangan diri. Salah satu dari hasil pelatihan itu telah saya praktikkan, dan jadilah telur asin seperti sekarang ini. Telur bebek ini bisa dijual mentahan, telur asin mentah, telur asin matang, dan botok telur asin yang belum sempat saya buat hingga sekarang.

 

Ada begitu banyak kegiatan menghasilkan yang bisa dilakukan dari rumah. Apalagi bagi yang hobi memasak, banyak peluang untuk menjual hasil masakannya. Yang hobi membuat kue dan camilan basah juga peluangnya masih cukup besar. Pada intinya, segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan pokok pasti perputaran uangnya cepat. Tetapi, sekali lagi jangan menilai segala sesuatu dari rupiah saja, dengan adanya peluang untuk ditekuni saja sudah lebih dari cukup.

Kembali lagi ke tema, saya jadi merasa terbelakang ketika bergaul denga para emak ini. Luar biasa sekali kemandirian mereka ini. Saya pun belajar agar lebih banyak dan banyak lagi bergerak. Memang hasil tidak pernah mengkhianati usaha. Namun, menjemput rezeki pun tidak seharusnya berlebihan. Ingat, ada Tuhan yang mengatur. Kita hanya perlu beribadah, selanjutnya Tuhan yang membereskan segalanya.

Tentunya ibadah disini luas cakupannya, dan bekerja adalah salah satu yang masuk dalam cakupannya. Pada akhirnya saya hanya ingin mengatakan apabila menyerah itu jangan ada. Tetaplah yakin dan bersemangat. Karena pertolongan pasti dekat dengan mereka yang selalu berusaha.

 

WANITA ADALAH MAKHLUK LEMAH LEMBUT DENGAN TEKAD LUAR BIASA

 

7 comments
  1. Intinya, selama ada kemauan kita pasti bisa melakukan apa aja ya mbk. Karena kalau cuma ingin dan nggak sungguh-sungguh pasti macet di tengah jalan.kalau tekad sudah kuat. Dari rumah pun enggak jadi masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like