Serba Serbi Jualan Online dan Keuntungannya

Small Business Storefront. Retail Flat Design Icon. Vector

Serba-serbi jualan online tidak bisa lepas dari suka dan duka. Apalagi sekarang keadaaan ekonomi seluruh golongan masyarakat sedang sulit. Hampir semua orang merasakan dampak dari Covid-19. Banyak pedagang yang gulung tikar, sedangkan yang tersisa terseok-seok mencoba tetap bertahan. Miris sekali melihat kenyataan para pemilik lapak dekat rumah tutup satu persatu. Kendala yang diutarakan masih tetap sama dari ke hari, yakni jumlah pembeli yang berkurang drastis.

Ruang gerak yang terbatas membuat masyarakat sulit untuk berusaha, termasuk saya sendiri mengalaminya. Ditambah pula dengan angka pengangguran yang melonjak akibat PHK. Beban usaha karena terbatasnya ruang sekarang ditambah dengan jumlah pedagang yang ikut naik. Mereka yang terkena PHK berbondong-bondong ikut terjun ke dunia bisnis skala kecil. Akibatnya persaingan pun semakin ketat, padahal daya beli masyarakt sendiri sedang turun. Sebuah dilema, dan saya pun ikut merasakannya juga.

Daya Tarik Jualan Online

Mendadak tidak memiliki penghasilan tetap pastinya hal yang menakutkan. Bisa Anda bayangkan betapa sulitnya mencari rupiah di tengah pandemi seperti ini. Beruntung bagi mereka yang tidak ikut terdampak pandemi Covid. Tetapi, bagaimana dengan Anda dan juga saya? Salah satu cara agar tetap dapat bertahan adalah dengan melirik usaha jualan online. Usaha ini cukup menguntungkan terutama bagi yang memiliki modal terbatas. Benar sekali, alasan banyak orang memilih usaha ini karena bisa tanpa modal.

Cukup dengan memiliki kuota dan aktif di media sosial saja Anda sudah bisa menjalankan usaha jualan ini. Selain itu, jualan via ponsel bisa menghemat banyak waktu dan biaya. Anda memang tidak perlu repot untuk belanja produk hingga menghabiskan waktu berjam-jam. Cukup dengan memiliki koneksi ke penjual pertama atau kedua saja Anda sudah bisa mendapatkan uang. Waktu jualan yang fleksibel juga jadi daya tarik tersendiri. Anda bisa memasang iklan di jam-jam tertentu, kemudian melayani pembeli di waktu yang telah ditentukan.

Keuntungan Jualan Online

Pertemanan akan semakin luas, bagi Anda yang telah menjalani usaha jualan online ini pasti setuju dengan pendapat saya ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hal pertama yang harus dilakukan ketikan menjalani usaha ini adalah menambah jumlah kontak Anda. Semakin banyak yang melihat iklan di story, maka akan semakin banyak yang mengenal produk Anda. Selain itu, menambah ilmu adalah keharusan. Anda mau tidak mau harus belajar ilmu pemasaran, baik itu konvensional maupun digital.

Menggabungkan dua ilmu pemasaran tersebut akan memberikan hasil yang lebih optimal. Pemasaran secara konvensional biasanya akan efektif untuk lingkungan terdekat, seperti keluarga, teman, dan tetangga. Kebanyakan pembeli pertama biasanya dari lingkungkan terdekat tersebut. Para pembeli pertama tersebut biasanya akan ikut menyebarkan produk apabila puas dengan kualitasnya. Setelah pemasaran konvensional berjalan baik, Anda pun bisa mengoptimalkan marketing digital. Dua metoda pemasaran tersebut memang akan lebih baik berjalan bersama dan saling mendukung.

Memang tidak mudah untuk memulai usaha jualan online. Tetapi saya sendiri merasakan banyak manfaat dari usaha ini. Uang yang didapat cukup lumayan terutama apabila Anda serius menjalaninya. Dalam artian Anda jadi penjual tangan kedua. Penjual seperti ini sering juga disebut dengan reseller. Memang Anda harus menyetok barang, tapi tidak perlu dalam jumlah yang terlalu banyak. Jadinya lahan yang disediakan untuk stok barang juga tidak terlalu besar. Stok barang berguna apabila ada dropshipper yang memesan produk. Apalagi ketika mempersilakan kembali reseller untuk membeli barang dari Anda.

Di ruang yang serba terbatas ini, jualan via online memang jadi solusi yang tepat. Terlebih lagi sekarang ada ekspedisi pengantaran yang bisa memudahkan perputaran barang. Ada banyak ekspedisi yang bisa menjemput paket ke tempat pengirim tanpa batasan berat. Selain itu ada juga aplikasi pengantaran yang kerjasama dengan aplikasi ekpsedisi ternama. Ekspedisi ini bisa mengantar barang dengan harga yang murah walaupun jaraknya jauh. Anda bisa menginstal dari playstore aplikasi HELP.

Keadaan ekonomi yang masih tidak menentu seperti sekarang ini harus menjadikan Anda waspada dalam memutar uang. Saya pribadi memilih jualan online sebagai solusinya. Selain waktu yang fleksibel, berjualan via online bisa dilakukan dari rumah saja. Kunci dari jualan online adalah aktif di media sosial. Anda pun harus aktif melayani pembeli di waktu tertentu yang telah disediakan. Di masa pendemi seperti ini disebut-sebut usaha yang dapat bertahan adalah usaha dengan media online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like